Steven Gerrard serta 4 Bekas Pemain Liverpool yang Sukses Jadi Manager

Posted on

Jakarta – Bekas kapten Liverpool, Steven Gerrard, adalah satu diantara jejeran bintang Liverpool yang jalani profesi untuk pelatih. Mengatasi Rangers, kapasitas Gerrard termasuk memberi kepuasan.

Pria berumur 39 tahun itu diakui duduk di bangku manager Rangers pada 4 Mei 2018. Tanda-tangani kontrak berdurasi empat musim, Steven Gerrard gantikan peranan Graeme Murty yang dikeluarkan.

even Gerrard pernah disangsikan. Masalahnya ia cuma mencatatkan profesi untuk pelatih di team akademi Liverpool.

Walau demikian, Gerrard dapat menunjukkan mutunya. Bekas gelandang Tim nasional Inggris itu sukses bawa Rangers finish di rangking ke-2 klassemen akhir Liga Premier Skotlandia dalam dua musim paling akhir.

Keseluruhannya, Steven Gerrard mencatat 68 kemenangan, 27 hasil seimbang, serta 18 kekalahan dari 113 laga yang telah ditempuh bersama-sama Rangers.

Kecuali Gerrard, beberapa alumni Liverpool mempunyai profesi manajerial yang cukup keren. Lalu, siapapun bekas pemain The Reds yang sukses saat berkarier untuk manager? Di bawah ini ialah empat salah satunya:

Kenny Dalglish

Kenny Dalglish mengawali profesi manajerialnya untuk pemain sekaligus juga manager Liverpool pada 1985. Saat itu, Dalglish gantikan Joe Fagan yang memundurkan diri.

Dalglish langsung sukses pimpin Liverpool mendapatkan gelar ganda pada musim pertamanya untuk manager. Keseluruhannya, Dalglish persembahkan 11 gelar saat mengasuh The Reds.

Potensi Dalglish dapat dibuktikan handal saat mengatasi Blackburn Rovers. Pria berumur 69 tahun itu pimpin Alan Shearer serta teman-teman memenangkan Premier League 1994-1995.

Bob Paisley

Saat masih bermain, Bob Paisley cuma persembahkan satu gelar untuk Liverpool. Tetapi, peruntungannya malah lebih baik saat jadi manager.

Memulai profesi untuk asisten Bill Shankly, Paisley naik jabatan saat seniornya pensiun pada 1974. Awalannya, Paisley pernah sangsi ambil jabatan itu.

Namun, ketetapan Liverpool menunjuk Paisley berbuntut manis. Paisley masuk barisan manager yang sukses 3x memenangkan piala Liga Champions.

Graeme Souness

Seperti Dalglish, Graeme Souness memulai profesi manajerial untuk pemain sekaligus juga manager. Perbedaannya, itu ia kerjakan bersama-sama Rangers FC pada 1986 sampai 1991.

Souness sukses pimpin Rangers memenangkan tiga gelar Liga Skotlandia dan empat piala Piala Liga Skotlandia. Prestasi itu membuat Liverpool menariknya pulang ke Anfield pada 1991.

Souness gantikan Dalglish yang memundurkan diri, tapi cuma persembahkan satu gelar Piala FA sepanjang mengatasi Liverpool. Souness pernah memenangkan Piala Turki bersama-sama Galatasaray serta Piala Liga Inggris bersama-sama Blackburn Rovers.

Matt Busby

Cerita Matt Busby sedikit tidak sama dibanding beberapa nama di atas. Lima musim bermain untuk Liverpool, Busby malah belum pernah mengatasi The Reds.

Profesi Busby malah sampai pucuk saat mengatasi Manchester United semenjak 1945 sampai 1969. Busby pimpin The Red Devils jadi club Inggris pertama yang memenangkan Liga Champions.

Keberhasilan Busby di Manchester United bisa membuat pejabat Liverpool menyesal. Sebelum mengatasi The Red Devils, Busby hampir jadi manager Liverpool, tapi tidak pas dengan kebijaksanaan manajemen.

Sumber: Beberapa sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *